Call Us:(021) 8623177
Instaappointment Image

Alkohol Berpengaruh Terhadap Otak Kita?

Home  /  News  /  Alkohol Berpengaruh Terhadap Otak Kita?

Alkohol Berpengaruh Terhadap Otak Kita?

Menurut penelitian para dokter di University of Illinois and Chicago College of Medicine dengan menggunakan scan otak (MRI), ternyata alkohol mengurangi interaksi amygdala dan prefrontal cortex. Amygdala adalah sekelompok saraf yang berbentuk seperti kacang almond yang merupakan bagian otak yang berperan dalam melakukan pengolahan dan ingatan terhadap reaksi emosi. Prefrontal cortex (PEC) anterior dari lobus frontal otak, berada didepan area motoric dan premotor. Dimana bertugas untuk mengambil keputusan serta mempertimbangkan hal-hal positif.

Apabila kita meminum minuman alcohol setiap hari lebih dari 2 gelas dalam jangka waktu lama maka kedua system tadi tidak akan saling berinteraksi. Sementara seharusnya amygdala dan prefrontal cortex mempunyai hubungan yang dinamis dan interaktif. Sehingga menyebabkan seseorang yang dibawah pengaruh alkohol menjadi mudah marah dan sulit mengendalikan diri.

Alkohol akan mempengaruhi serotonin dan dopamin yang membantu mentransfer pesan dari otak ke bagian tubuh dan berhubungan erat dengan depresi. Alcohol mempengaruhi serotonin dan dopamin dengan meningkatkan tingkatannya dan mempengaruhi otak sehingga menyebabkan tubuh kecanduan alcohol. Alkohol juga mempengaruhi reseptor glutamate, dimana glutamate ini terlibat dalam fungsi otot tubuh. Sehingga peminum alcohol mudah kehilangan ingatan, melemahnya otot serta salah saat berbicara. Neurotransmitter lain seperti GABA (gamma aminobutyric acid) akan meningkat di dalam tubuh saat seseorang mengkonsumsi alkohol. Akibatnya aktivitas neuron tersebut menurunkan respon otak  sehingga seseorang setelah minum alkohol tidak boleh mengemudi karena responnya melambat untuk dapat menghindari kecelakaan potensial.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *