Call Us:(021) 8623177
Instaappointment Image

Mengapa Kita Perlu Waspada Terhadap “Narkoba”?

Home  /  News  /  Mengapa Kita Perlu Waspada Terhadap “Narkoba”?

Mengapa Kita Perlu Waspada Terhadap “Narkoba”?

Bagai dua sisi mata uang, obat dapat bermanfaat dan sekaligus berbahaya bagi tubuh. Beberapa obat-obatan yang sebenarnya digunakan sebagai terapi di dunia medis tetapi disalahgunakan oleh para pengedar dan penggunanya. Sehingga oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia obat-obatan tersebut dimasukan dalam Golongan Napza (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif). Istilah lain yang lebih dikenal oleh masyarakat adalah Narkoba (Narkotika dan Obat/Bahan Berbahaya).

Bahaya narkoba sudah tidak diragukan lagi tetapi penggunaanya semakin meningkat diberbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Tanpa menyadari efek narkoba dapat merusak kesehatan fisik maupun kejiwaan, kebanyakan penggunanya memulai menggunakan narkoba karena ingin merasakan kesenangan sesaat atau sebagai pelarian dari masalah yang sedang dihadapi.

Mengapa kita perlu waspada terhadap narkoba? Karena dampak yang diberikan sangatlah berbahaya, baik dampak langsung terhadap jasmani/tubuh manusia maupun dampak tidak langsung bagi lingkungan keluarga penggunanya. Dampak terhadap tubuh pengguna narkoba, bisa mengakibatkan gangguan fisik, psikologis dan kesempatan mereka untuk bisa terus belajar, karena menyebabkan terjadinya kerusakan pada system saraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati, dan ginjal. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik secara bergantian meningkatkan resiko tertularnya penyakit seperti Hepatitis B,C dan HIV yang sampai saat ini belum ada obatnya. Dan dampak narkoba bisa menyebabkan kematian akibat penggunanya mengalami overdosis (mengkonsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya). Sementara dampak narkoba tidak langsung adalah terhadap lingkungan sosial pengguna, selain dikucilkan oleh lingkungan, pengguna narkoba juga menjadi beban bagi keluarganya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *